IlmuKomputer.Com adalah situs yang memuat materi dan kuliah gratis di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi, dalam bahasa Indonesia. Misi utama kami adalah mengambil bagian dalam usaha mencerdaskan anak bangsa, terutama dalam pendidikan ilmu komputer. Dan saat ini telah tumbuh menjadi sebuah Komunitas Terbuka eLearning Gratis Ilmu Komputer Indonesia. Materi gratis dengan Lisensi Open Content tersedia dalam format PDF yang siap didownload. Tersedia juga CD Gratis dan Mirror Server untuk anda yang kesulitan mangakses situs ini.

IlmuKomputer.Com mengajak masyarakat Indonesia di manapun berada, untuk menshare pengetahuan melalui tulisan. Kami menyediakan Format dan Prosedur Pengiriman Tulisan untuk mempermudah anda dalam menulis artikel. Ikuti juga forum diskusi melalui beberapa Mailing List. Informasi update materi dan diskusi dalam berbagai tema dilakukan di milis tersebut. Tersedia juga Konsultasi Online gratis melalui Yahoo Messenger untuk pemula.

Pendiri dan koordinator umum IlmuKomputer.Com adalah Romi Satria Wahono. Inisiatif ini sudah kami kerjakan secara serius sejak awal tahun 2003. Tepat pada tanggal 17 April 2003, kami merelease situs ini. Sambutan dari teman-teman baik di republik maupun di luar negeri cukup menarik, baik masuk lewat milis komunitas, buku tamu situs, maupun yang masuk lewat email pribadi. Beberapa seminar tentang pendidikan yang diadakan di Tokyo, sempat mengangkat situs IlmuKomputer.Com sebagai salah satu model sistem pendidikan online berbahasa indonesia. Juga telah dipresentasikan di conference temu ilmiah PPI Jepang di Osaka pada bulan september 2003. IlmuKomputer.Com juga telah terpilih mewakili Indonesia dalam World Summit Award 2003 (WSIS) yang diselenggarakan oleh PBB dalam kategori elearning. Dan akhirnya mendapatkan penghargaan dari WSIS sebagai “the 21 Continental Best Practice Examples (special mentions) in the Category e-Learning“.
Latar Belakang Pendirian

Latar belakang pendiriannya sebenarnya sederhana, kami melihat di Indonesia project pengembangan komunitas elearning gratis dalam bidang IT itu terpecah-pecah. Banyak yang tidak dikerjakan dengan profesional, cenderung asal-asalan dan contentsnya tidak komprehensif untuk memandu dalam belajar ilmu komputer pada khususnya dan IT pada umumnya.

Padahal kalau kita mau pandang situasi indonesia saat ini, pengembangan komunitas elearning gratis ini adalah yang ditunggu-tunggu semua orang. Di Indonesia sekarang biaya pendidikan sangat tinggi, baik pendidikan formal D3/S1 ataupun juga kursus dan seminar. Beberapa universitas yang menerapkan otonomi dan jalur khusus dalam penjaringan mahasiswa juga semakin membuat pendidikan hanya dimonopoli oleh orang kaya. Biaya seminar dan khursus juga ikut membumbung tinggi. Kita lihat bahwa untuk sebuah khursus dan seminar semacam Linux, Aplikasi Office, dsb itu lembaga training bisa menarik ratusan ribu rupiah per orang untuk perharinya.

Kalau kita tidak memulai bergerak untuk mengembangkan komunitas elearning gratis ini, kitapun adalah orang yang patut disalahkan, karena sebagai orang yang kebetulan mendapat rejeki dan kesempatan belajar di pendidikan lebih tinggi tidak mencoba menshare ilmu pengetahuan yang kita miliki kepada orang lain yang memerlukan.

Itu mungkin sebagian latar belakang yang membuat kami sebagai salah satu insan ICT (Information and Communication Technology) ingin ikut berusaha membenahi pendidikan anak negeri dengan mengembangkan komunitas elearning gratis ini. Paling tidak dalam bidang yang kami kuasai, yaitu ilmu komputer dan teknologi informasi.
Dari Gagasan Ke Implementasi
Dari latar belakang diatas, munculah ide untuk mencoba mengembangkan komunitas elearning gratis dalam bidang ilmu komputer dan teknologi informasi. Kami tidak membayangkan bahwa ide ini kemudian diterima secara luas dan menyeluruh oleh temen-temen di komunitas ICT.

Dengan konsep pemikiran JUST-DO-IT, dimulailah pengembangan situs IlmuKomputer.Com. Situs IlmuKomputer.Com direlease 17 April 2003, jadi sebenarnya umurnya belum begitu lama. Situs didesain sendiri oleh Romi Satria Wahono, kemudian diisi dengan tulisan-tulisan selama menjadi pengajar dan juga IT consultant di berbagai universitas dan perusahaan jepang. Bahan-bahan kuliah dan tulisan-tulisan tersebut yang diletakkan di situs versi awal IlmuKomputer.Com. Romi Satria Wahono juga mengajak beberapa rekan dalam satu bidang untuk menshare tulisan di situs tersebut.

Awalnya banyak yang tidak merespon ajakan tersebut. Ini tidak bisa disalahkan, karena boleh dikata IlmuKomputer.Com itu kerja sosial. Untuk jangka pendek mungkin tidak ada reward berupa uang, meskipun kami yakin untuk jangka panjang kita bisa merasakan side effect dari keaktifan kita menshare tulisan di IlmuKomputer.Com. Pengakuan masyarakat terhadap kompetensi inti kita, juga untuk diri kita sendiri adalah sarana mengembangkan ilmu kita, dan juga sebagai latihan menulis. Dengan penjelasan dan sosialisasi seperti ini akhirnya lambat laun alhamdulillah teman-teman banyak yang berempati dengan perjuangan kami, dan mulai ikut menulis.

Langkah kedua kami sebar undangan ke puluhan milis-milis IT Indonesia. Kami masuk ke puluhan milis IT dan mencoba ikut melakukan diskusi di sana, sambil memperkenalkan proyek pengembangan elearning gratis IlmuKomputer.Com . Mulai banyak yang ikutan menulis. Untuk memberi reward ke penulis, kami buatkan kolom penulis untuk mengenal lebih lanjut siapa penulis, apa kompetensi inti, dsb. Kemudian dibentuk juga komunitas mailing list ilmukomputer@yahoogroups.com untuk memberi ruang gerak lebih lanjut dalam diskusi masalah IT.

Ide-ide segar juga muncul dari teman-teman komunitas IlmuKomputer.Com . Diantaranya adalah dengan merelease CD gratis IlmuKomputer.Com untuk teman-teman yang memiliki keterbatasan akses internet. Jadi mereka tetap bisa menikmati semua materi di IlmuKomputer.Com secara offline lewat CD. Kami juga berusaha merangkul beberapa komunitas opensource, diantaranya adalah KIOSS Project dan Open Source Indonesia. Kita bekerjasama untuk membuat aplikasi software untuk CD gratis yang kita sebar, sehingga semua program dalam CD bisa tetap berjalan seperti situs aslinya, dan yang pasti tidak perlu akses internet.

Kemudian juga muncul ide untuk konsultasi online gratis lewat YM. Dan ternyata ini cukup efektif untuk memandu rekan-rekan pemula supaya bisa memecahkan masalah mereka pada saat belajar komputer. Konsultan kita pilih dari teman-teman praktisi IT yang kebetulan punya banyak waktu di depan komputer, yang bekerja di warnet, software house, dsb. Tidak ada syarat khusus, asal mau menshare ilmu pengetahuan yang kita miliki. itu saja.

Setelah itu juga muncul ide-ide menarik lain yang akan dijelaskan dibawah.
Perkembangan IlmuKomputer.Com

IlmuKomputer.Com juga telah berkembang menjadi komunitas terbuka yang memiliki anggota ribuan, dan melakukan kegiatan-kegiatan dalam bidang pendidikan gratis dan murah untuk anak negeri, diantaranya berupa:

1. Penyediaan materi gratis di situs IlmuKomputer.Com dalam format PDF dan HTML yang siap didownload dan dipelajari.
2. Penyediaan CD gratis yang didistribusikan oleh ratusan distributor yang tersebar di seluruh pelosok negeri.
3. Penyediaan komunitas diskusi IlmuKomputer.Com dalam bentuk milis, sebagai ajang diskusi dan saling sharing informasi dan pengetahuan dalam bidang komputer.
4. Konsultasi gratis lewat Yahoo Messenger yang secara realtime akan membantu pemula dalam belajar komputer.
5. Penyediaan ISO image file gratis (yang terbit 6 bulan sekali) yang bisa didownload dari berbagai server di indonesia maupun luar negeri. ISO image file ini adalah bahan pembuatan CD. Jadi setiap orang apabila memiliki koneksi internet yang baik, bisa membuat CD sendiri dengan ISO image file ini.
6. Penyediaan mirror server di berbagai lokasi untuk memberi alternatif teman-teman memilih server di yang terdekat dengan lokasi, untuk mempercepat pengaksesan. Daftar mirror bisa dilihat di
7. Menggelar seminar IT gratis dan murah dalam berbagai tema (linux, aplikasi office, animasi, dsb) di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa yang sudah kita laksanakan adalah Seminar Gratis tentang pengenalan IlmuKomputer.Com di Universitas Brawijaya dan Seminar Gratis tentang Animasi di Universitas Sumatera Utara Medan.
8. Menerbitkan majalah dan buku-buku yang akan kami edarkan dengan lisensi open contents dan harga yang relatif terjangkau oleh masyarakat.

Media massa nasional dan daerah, juga beberapa majalah komputer telah mengangkat isu IlmuKomputer.Com dalam kolom laporan khusus maupun kolom berita mereka. Beberapa diantaranya adalah:

*Portal berita terbesar di Indonesia Detik.Com mengangkat situs IlmuKomputer.Com dalam beritanya. Download potongan berita Detik.Com tentang Kuliah Gratis Ilmu Komputer dan tentang Kuliah Gratis Lewat CD.
*
Sinar Harapan membahas dalam kolom situs tentang Kupas Situs IlmuKomputer.Com.
* Majalah Tempo mengangkat isu terpilihnya IlmuKomputer.Com dalam world summit award 2003 (WSIS) yang diselenggarakan oleh PBB, lewat artikel berjudul Kuliah Komputer Gratis di Ruang Maya.

Saat ini situs eLearning gratis IlmuKomputer.Com telah mencapai hit harian (daily hits) ratusan ribu, dan diakses dari pengguna dengan domain-domain universitas di Indonesia (ITB, UI, UGM, ITS, USU, berbagai STIK, dsb.). IlmuKomputer.Com juga telah di indeks dan direview oleh puluhan search engine dunia maupun Indonesia.

Dan tak kalah pentingnya, IlmuKomputer.Com juga telah berhasil mengundang kontribusi tulisan dari peneliti dan praktisi teknologi informasi dan ilmu komputer indonesia baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri (Jepang, Amerika, Australia, Jerman, dsb).

Harapan kami bahwa IlmuKomputer.Com bisa menjadi alternatif pendidikan non-formal gratis dalam bidang ilmu komputer di Indonesia, dan memberi motivasi kepada komunitas di lain bidang untuk menghasilkan karya serupa di bidang lain tentunya.
Kepengurusan dan Mekanisme Kerja Ala IlmuKomputer.Com

Seiring dengan pemikiran untuk meningkatkan akselerasi dan profesionalisme dalam laju perjoeangan mengembangkan eLearning gratis IlmuKomputer.Com. Pada bulan Oktober 2003 telah terbentuk Kepengurusan yang terbagi dalam beberapa bidang kerja. Proses algoritmik dari mekanisme kerja kepengurusan IlmuKomputer.Com adalah sbb:

1. Ide dan pemikiran diluncurkan di publik (milis pengurus). Ini adalah proses share ide dari pemilik ide, dimana ide tersebut sifat awalnya adalah subjektif.
2. Ide dan pemikiran tersebut didiskusikan. Ini adalah proses objektifikasi (merubah ide subjektif menjadi objektif).
3. Merangkum ide dan pemikiran yang sudah dikayakan dalam diskusi menjadi sebuah proposal.
4. Implementasikan proposal dari yang paling memungkinkan (applicable).
5. Leader dan subleader membimbing (supervisi) secara langsung rekan-rekan yang ingin mengimplementasikan ide.
6. Dari pengalaman yang didapat tadi (know-how, tacit knowledge), kita convert ke bentuk yang bisa untuk mencerahkan orang lain dalam kerangka knowledge spiral (from tacit knowledge to explicit knowledge).

Sehingga apabila dirangkumkan mekanisme kerja tersebut adalah:

Team Work dan Saling Membantu Dalam Komunitas IT Indonesia

Dari pengalaman mengelola IlmuKomputer.Com bersama rekan-rekan yang lain, kami merasakan bahwa empati, team work, saling membantu dan kerja bareng adalah modal besar dan kekuatan di komunitas IT republik. Sejak awal kami sudah mendapat dukungan materi dari pak Onno W Purbo, pak Budi Raharjo, dan mbah I Made Wiryana dengan tim pandunya. Kemudian dalam perdjoengan juga mendapat dukungan penuh dan kerja tak kenal lelah dari mas Choirul Amri, mas Luri Darmawan dan teman-teman KIOSS (termasuk pengembangan mini webserver untuk CD-ROM IlmuKomputer.Com). Pak Ibam (Rahmad M Samik Ibrahim) termasuk yang banyak membantu IlmuKomputer.Com sejak awal. Beliau juga yang pertama kali memirror ISO image file IlmuKomputer.Com di server VLSM.

Beberapa anak-anak muda dari Medan yang militan juga muncul (Abe, Zulkhaery, Yadisyahid, Fidens), termasuk didalamnya mas Eko Purwanto (webmediacenter) yang akhirnya kita bisa bikin seminar gratis Animasi di Medan yang cukup meriah dan nggak kalah dengan konser Inul. Masalah pengembangan desain web dibantu sama mas Kemas Antonius yang ternyata dulu juga aktor pengembangan situs voipmerdeka.net.

Dengan mas Bona S dan Donny BU juga kadang diskusi saling share pengalaman masalah elearning. Mas Donny BU ini ternyata mantan anak SRIT (Sekolah Republik Indonesia Tokyo), tempat kita yang di jepang biasa kumpul-kumpul.

Beberapa kali saya juga mendapat pencerahan dari OPA (om Michael) dan dukungan moral dari mbak Judith (termasuk usaha negosiasi beliau untuk IlmuKomputer.Com).

Juga kemudian muncul mas David Sudjiman yang ngasih kita kesempatan ngisi kolom migrasi Windows-Linux di Koran Tempo. Dukungan pemikiran masalah security dan server juga datang dari temen-temen di kecoak elektronik, mas Adhytia dengan crew Judistiranya yang militan.

Dan masih banyak lagi rekan-rekan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
Referensi Artikel dan Berita tentang IlmuKomputer.Com

1. Romi Satria Wahono, Strategi Baru Pengelolaan Situs eLearning Gratis (PDF), Juli 2003.
2. Romi Satria Wahono, Spiralisasi Pengetahuan: Teknik Menghidupkan Pengetahuan Kita (PDF), Juli 2003.
3. Detik.Com, Kuliah Ilmu Komputer Gratis! (PDF), 7 Juli 2003
4. Detik.Com, Kuliah Ilmu Komputer Gratis lewat CD (PDF), 5 Agustus 2003
5. Sinar Harapan, Kupas Situs Sinar Harapan tentang IlmuKomputer.Com (PDF), 8 Agustus 2003
6. Detik.Com, Wakil Bangsa di Ajang Internasional (PDF), 23 September 2003
7. Majalah Tempo, Kuliah Komputer Gratis di Ruang Maya (PDF), 5 Oktober 2003.
8. Detik.Com, IlmuKomputer.Com Susul Orisinal ke Jenewa (PDF), 20 November 2003.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s